Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kerja Dan Manfaat VVTI Toyota

 Fungsi VVTI Dan Cara Kerjanya Lengkap


Mobil Daihatsu dan Toyota keluaran tahun-tahun sekarang sudah menggunakan mesin dengan teknologi VVTI. Dengan dipasangnya VVTI pada mesin diharapkan dapat meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar.

cara-kerja-vvti


Pengertian VVTI


VVTI merupakan sistem kontrol katup yang dikontrol secara hidrolis dan diatur oleh ECU atau Electronic Control Unit VVTI mengatur waktu buka tutup katup sesuai dengan beban dan putaran mesin. Kepanjangan dari VVTI adalah Variable Valve Timing Intelligent bergerak secara dinamis sesuai dengan kondisi putaran dan beban mesin. 

VVTI merupakan solusi untuk penggerak katup konvensional pada jaman dulu. Untuk mesin tanpa VVTI katup akan terbuka dan tertutup dengan waktu yang sama. Karena kebutuhan bahan bakar berbeda-beda pada setiap beban tertentu dan putaran tertentu maka proses masuknya pun harus di kontrol secara dinamis agar didapatkan efisiensi dan tenaga mesin yang diinginkan .

Untuk mesin dengan pengerak katup konvensional pembakaran tidak ekonomis sehingga lebih boros bahan bakar, tenaga kurang, serta kurang ramah lingkungan. Mesin dengan VVTI  bisa menangani semua hal itu dengan ide jenius mengatur waktu buka dan menutup katup sehingga didapatkan tenaga optimal dengan bahan bakar yang minimal.


Fungsi VVTI pada mesin


VVTI dikontol oleh ECU dengan membaca berbagai macam sensor sebagai koreksi dan penargetan dalam mengubah waktu pembukaan katup. Degan adanya VVTI maka buka tutup katup akan diatur secara otomatis dan dinamis atau berjalan terus menerus sehingga efisensi bahan bakar dan tenaga akan terjaga. Hal ini akan menambah tenaga tanpa membuat bahan bakar boros serta gas beracunn yang tebuang pun sangat sedikit.

VVTI merupakan sistem kerja sedangkan komponen yang sangat penting dan biasa di sebut sebagai VVTI yakni Controler VVTI, jantung utama untuk mengubah timing pembukaan katup secara dinamis dengan bantuan gaya hidrolik dari tekanan oli yang di atur oleh Oil Conrol Valve,

Cara Kerja VVTI Pada Mobil


Untuk cara kerja VVTI sangatlah sederhana namun kompleks dan detail. Semuanya dipertimbangkan secara ilmiah dengan ilmu fisika. Secara sederhana Cara kerja OCV di atur oleh ECU melalui OCV. OCV mendapat perintah untuk menentukan apakah tekanan oli yang akan di suplay ke controler VVTI di bagian Retrade atau Advance. Namun di sini akan saya bahas secara detail agar seorang awam pun bisa memahami cara kerjanya secara detail.

Cara kerja nya sengat kompleks ya, dimulai dari Sensor-sensor membaca Sudut crank shaft, camshaft, suhu udara, suhu colant, Serta RPM Mesin yang selanjutnya data-data tersebut disampaikan ke ECU yang selanjutnya ditindak lanjuti oleh OCV untuk menyuplay oli ke Controler VVTI apakah Controler akan membuat katup membuka lebih cepat atau lebih lambat.

Timing seperti ini diatur terus menerus sesuai rpm dan beban mesin. Lalu bagaimana dengan yang sudah dual VVTI apakah cara kerjanya sama saja. Betul cara kerja nya sama saja namun yang membedakan waktu dimana Controler menjadi Advance ataupun Retrade. Berikut ini penjelasannya.

Cara Kerja Controler VVTI  Katup IN


Untuk kerja Controler katup in sederhana sekali hanya bergerak maju, mundur, mundur, maju.

    1. Saat mesin Idle atau stasioner ( Retrad )


        Saat mesin stasioner controler akan memundurkan waktu penutupan katup in, hal ini dilakukan karena saat poroses buang dan rpm rendah akan terjadi over lap pada katup. hal ini akan menyebabkan gas buang terhisap lagi yang akan menyebabkan pembakaran menjadi buruk.

    2. Saat putaran menegah beban ringan ( Advance )


        Saat putaran menegah beban ringan katup ini penutupannya dimajukan hal ini dilakukan bertujuan untuk mengurangi HC karena pada saat ini terjadi Internal EGR ( Engine Gas Recirculation ) artinya bahan bakar yang tidak terbakar sempurna saat proses buang tidak terbuang semua ke kenalpot melainkan terdorong masuk ke saluran in dan dihisap kembali agar HC hasil pembakaran berkurang.

    3. Beban berat putaran menegah ( Advance )

        
        Saat RPM menegah dan beban berat karena dibutuhkan torsi yang besar untuk memajukan kendaraan maka diperlukan bahan bakar yang banyak juga. Hal ini dilakukan agar saat prosess hisap udara yang di sedot lebih banyak dan katup ditutup lebih cepat agar saat piston bergerak dari TMA ke TMB campuran bahan bakar dan udara tidak terbuang kembali. Sehingga didapatkan torsi yang lebih besar.

    4. Beban berat putaran tinggi ( Retrade )

        
        Untuk mengurangi beban mesin pada rpm tinggi dan beban berat maka katup in penutupannya dimundurkan. Hal ini bertujuan karena pada saat beban berat dan rpm tinggi kebutuhan udara pun sangat banyak dan mesin menghisap udara lebih banyak yang mengakibatkan udara lebih padat dan masa udara lebih berat. Katup ini penutupannya dimundurkan bertujuan agar udara dapat masuk kedalam silinder dengan masanya sendiri.

Lalu bagaimana cara kerja Controler VVTI pada katup EX apakah sama dengan cara kerja pada katup in. Kalo cara kerjanya itu sama persis yakni di atur oleh tekanan oli mesin dan dicontrol oleh ECU namun bedanya pada katup EC pergerakan Controlernya itu Maju, mundur, mundur, maju. Singkatnya hal ini bertujuan agar bahan bakar dapat terbakar dengan sempurna sehingga menghasilkan tenaga mesin yang sempurna juga.

Posting Komentar untuk "Cara Kerja Dan Manfaat VVTI Toyota"